jump to navigation

tips menghindari virus 14 February 2010

Posted by dani mahardika in komputer.
trackback

belakangan ini banyak temen2 suka komplain kenapa selalu saja komputer terkena virus, padahal komputer baru, atau hardisk baru format dan install ulang. kayaknya bagi kaum user, virus merupakan sebuah momok atau hal yang sangat menakutkan dan dibenci karena selalu bikin pusing tujuh keliling. seperti yang kita ketahui virus sangatlah mudah memasuki sistem terutama untuk sistem operasi windows… karena nampaknya hal disebabkan security yang kurang serta kurangnya pemahaman user terhadap komputer yang digunakannya, dan biasanya untuk kalangan awam virus dapat masuk melalui dua media yaitu :

1. drive/storage media (flashdisk, diskete, cd-rom, hardisk portable, memory card, dll)
2. network (internet, local area network, wif-fi, dll)

dua hal diatas merupakan sarana yang empuk bagi virus untuk memasuki sistem, kebanyakan user awam hanya bergantung terhadap antivirus, padahal antivirus hanyalah sebagai sebuah tools security dan butuh kemampuan dari user untuk mengamankan komputer dari serangan berbagai virus. dibawah ini akan saya sebutkan beberapa tips yang mungkin berguna untuk user awam agar selalu terhindar dari virus.

1. instal antivirus original, disini mengapa saya katakan original? ya karena kebanyakan user awam menginstal anti virus bajakan yang sudah di patch atau menggunakan crack palsu. tidak menutup kemungkinan antivirus bajakan malah mengandung virus. jika tidak mampu membeli antivirus original, sebaiknya anda gunakan antivirus free edition, ya meski kemampuan tak sebagus original namun jika penggunaanya tepat maka virus juga akan sulit masuk komputer anda. untuk antivirus free edition saya menyarankan menggunakan AVAST 5 free antivirus, alasan saya karena interface antivirus ini tergolong user friendly serta fitur2 security yang cukup lengkap dan hampir setara antivirus berbayar. untuk mendapatkan AVAST bisa di download di situs resminya http://www.avast.com

2. update secara rutin antivirus, menginstal antivirus saja tidak akan membantu apa-apa jika antivirus yang kita gunakan tidak pernah di update. update berfungsi untuk memerbaharui database virus, perlu diketahui setiap hari selalu muncul ratusan bahkan varian baru virus, maka dari itu rajin-rajinlah anda mengupdate antivirus, minimal seminggu dua kali setiap kita koneksi dengan internet.

3. pastikan security bawaan sistem operasi aktif, dalam hal ini adalah firewall windows. tidak menutup kemungkinan jika firewall mati maka kita bisa dengan mudah diserang virus dengan media jaringan, baik internet maupun local, biasanya jika kita baru menginstal windows, firewall akan otomatis hidup. namun tidak menutup kemungkinan firewall, maka dari itu periksalah dengan seksama untuk memastikannya.

3. sebelum mencolokan removable media (flashdisk, memory card, hardisk portable) tekan dan tahan tombol SHIFT, tahan sampai benar2 hardware terdeteksi dan sistem idle atau normal. hal ini akan mencegah virus masuk melalui auto run, karena biasanya virus selalu memanfaatkan fitur auto run untuk memasuki sistem.

4. matikan fungsi auto run secara permanen, hal ini sama seperti tips nomor 3, namun kita nantinya tidak perlu menekan shift lagi karena sudah dimatikan secara permanen. untuk mematikan auto run dapat di search di google, karena prosesnya berbeda2 antar sistem operasi windows (seven, vista, xp sp 1-2-3, 2000).

5. jangan gegabah membuka file yang ada di flashdisk/memory card/hardisk, kebanyakan virus adalah bersembunyi bahkan menyamar sebagai file asli milik anda. sebaiknya scan terlebih dahulu file yang akan dibuka menggunakan anti virus, atau scan secara keseluruhan flashdisk anda dengan antivirus. jika dinyatakan aman barulah anda boleh membuka file tersebut.

6. jangan buka situs-situs yang tidak jelas asal-usulnya. biasanya hacker membuat website yang sudah terkontaminasi virus. hindari hal-hal ini dengan cara selektif dalam membuka suatu website.. pastikan firewall anda aktif dan pastikan antivirus anda mempunyai fitur untuk scan internet. biasanya situs yang mengandung virus adalah situs porno, situs penyedia crack/patch, situs penyedia konten bajakan (mp3, movie, software).

7. jangan masuk ke jaringan orang lain yang tidak jelas asal-usulnya. biasanya user awam masuk ke jaringan orang untuk mendapatkan akses-akses misalnya internet (hotspot area). bisa jadi dalam jaringan tersebut telah terisi dengan virus, maka dari itu pastikan firewall anda hidup dan anti virus anda mendukung scan terhadap jaringan.

8. jangan menginstal sofware bajakan, kebanyakan user awam tidak selektif dalam menginstal software. tidak menutup kemungkinan sofware bajakan yang akan diinstal sudah terinfeksi virus, atau kemungkinan patch atau crack telah mengndung virus. pastikan software anda selalu berlisensi. atau gunakanlah software freeware yang dapat didownload dari developer terpercaya.

9. rutinlah full scan komputer anda dengan antivirus yang telah terupdate, lakukanlah hal ini minimal seminggu sekali. memang waktu yang dibutuhkan lumayan lama, tapi cara ini adalah cara yang paling efektif untuk memastikan komputer anda aman.

10. rajin-rajinlah mencari pengetahuan komputer dari internet, terutama mengenai hal-hal security komputer.

11. awasi orang lain yang sedang menggunakan atau meminjam komputer anda, pastikan dia tidak melakukan hal-hal yang berpotensi penyebaran virus. jika perlu berikanlah password pada komputer anda.

12. aturlah penyimpanan file anda secara terstruktur dan rapi, biasakan menyimpan menurut tipe datanya. jangan campur file multimedia dengan office atau program-program.

13. jangan menginstal software yang mengarah pada sistem atau security jika tidak tau asal-usul dan cara penggunaannya.

14. jangan memodifikasi sistem dengan menginstal program yang tidak jelas jika tidak tahu dampaknya, memang dengan memodifikasi sistem, tampilan atau interface akan kelihatan menarik, namun sesungguhnya akan memberatkan sistem bahkan merusak security dan sistem operasi.

15. jika mampu, gunakanlah dua buah sistem operasi yang beda platform dalam satu komputer, hal ini dapat dijadikan sebuah cadangan atau data back up jika salah satu sistem operasi rusak. disini untuk user awam saya menyarankan menginstal linux ubuntu untuk mendampingi windows anda.

perlu diingat tips ini mungkin hanya berguna bagi komputer yang belum terkena virus, karena tips ini adalah tips mencegah, bukan mengobati. untuk masalah mengobati komputer yang sudah terinfeksi virus butuh kemampuan khusus yang tidak dimiiliki kebanyakan user, apalagi awam. selalu carilah informasi mengenai komputer sebanyak-banyaknya.

Comments»

1. mobil88 - 17 February 2010

tips yang luarbiasa, sukses bro
http://mobil88.wordpress.com

2. Ladiees - 17 February 2010

makasi tips-nya

3. dani mahardika - 18 February 2010

hoho, makasih ya udah pada mampir… salam kenal bro n sis


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: