jump to navigation

komputer dan robot VS manusia 13 April 2010

Posted by dani mahardika in Uncategorized.
trackback

STEPHEN Hawking, pakar alam semesta, mengingatkan bahwa manusia perlu melakukan rekayasa jika mereka ingin tetap mampu bersaing dengan kecerdasan buatan. Fisikawan yang menulis terbentuknya alam semesta ini khawatir jika tidak melakukannya maka kecerdasan buatan yang berwujud sistem komputer yang maha pintar itu akan mengambil alih penguasaan dunia.

Menurut pengarang buku terkenal A Brief History of Time (Riwayat sang kala), komputer mengalami peningkatan performa 2 kali lipat setiap18 bulan. Maka kemajuan teknologi kemingkinan akan mengalahkan kemampuan kecerdasan manusia.

Artinya, di masa depan, akan ada satu titik dimana kecerdasan buatan mengambil alih manusia akan alam ini.

Karena itu, fisikiawan yang tinggal di kursi roda dan bicara melalui mesin ini menggagas pentingnya rekayasa genetik pada manusia untuk mempertahankan superioritas makhluk bernyawa atas produk-produk dengan kecerdasan buatan. Melalui rekayasa genetik, diharapkan manusia akan mampu menghasilkan keturunan manusia super dengan tingkat IQ yang sangat tinggi. Demikian diungkapkan hawking itu dalam wawancara dengan majalah focus yang terbit dijerman.

Hawking bukanlah satu-satunya ilmuan yang mengungkapkan kecemasan kejadian seperti film terkenal Terminator akan menjadi kenyataan. Kecemasan hawking senada dengan peringatan yang dilemparkan oleh Bill Joy pada bulan maret 2000.

Bill Joy salah seorang pendiri Sun Microsystem, memperingatkan bahwa konvergensi teknologi komputer dan rekayasa genetik dapat menimbulkan ancaman serius pada kelangsungan hidup umat manusia dan ekosistem.

Menurut Joy, adanya kemajuan sistem molekular kini membuat manusia pada tahun 2030 nanti bisa memproduksi mesin-mesin dengan kemampuan jutaan kali lebih besar dari kemampuan PC yang ada sekarang. Heatnya lagi sistem komputer itu mampu berpikir sendiri seperti manusia.

Akhirnya, mesin-mesin yang manusia ciptakan tersebut akan memiliki kemampuan mencipta dan berkembang biak sendiri. Bila ini terjadi, maka era Terminator adalah sebuah keniscayaan.(berita IT) (sumber dari koran pos kota tanggal 23 september 2007)

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: