jump to navigation

PUPPY LINUX : Sistem Operasi Portable yang handal. 13 April 2010

Posted by dani mahardika in komputer, tugas kuliah.
trackback

33c9jslfront_page

puppy linux merupakan salah satu distro linux dari sekian banyak distro-distro linux yang ada di seluruh dunia. kita semua mengetahui bahwa cara instalasi sistem operasi linux tidak lebih mudah di banding instalasi windows series. hal ini lah yang menjadi sebuah momok yang menakutkan bagi para user awam untuk bermigrasi ke linux. namun hal ini tak perlu di khawatirkan lagi dengan adanya PUPPY linux, yaitu sebuah sistem operasi berbasis linux yang cocok sekali untuk para pemula, bahkan sebuah alternatif tersendiri bagi para maniak linux atau penggemar informatika. puppy linux merupakan sebuah sistem operasi yang bersifat portabel, yaitu tidak perlu melakukan instalasi secara permanen ke sebuah sistem komputer, walaupun puppy sendiri juga bisa diinstal secara universal ke hardisk dan juga bisa dijadikan dual OS dengan sistem operasi lainnya seperti windows dengan memanfaatkan bootloader GRUB. selain bersifat portabel, puppy linux juga termasuk sistem operasi yang memerlukan resource hardware yang minimum. bayangkan saja, sistem operasi ini hanya berukuran kurang dari 100 MB, dan dapat dijalankan secara live melalui flashdisk yang berukuran 128 MB. hebatnya lagi, puppy linux bekerja dengan cara menyalin file-file sistem operasi ke RAM, sehingga sistem operasi ini lebih stabil dan lebih cepat dibanding linux konvensional yang ada. tampilan desktop pun mudah dipahami untuk pemula sekalipun, dan aplikasi-aplikasi yang terintegrasi pun sudah cukup untuk melakukan aktifitas-aktifitas normal di komputer, misalnya membuat dokumen dengan word processing dan office lainnya, web browser, mp3 dan multimedia player, serta themes yang menarik. saat ini puppy linux memiliki banyak varian yang lebih dikenal dengan pupplet, kita bisa memilih varian yang ada tergantung kebutuhan, varian pupplet pastinya lebih menarik dan memiliki aplikasi-aplikasi yang menarik juga, dan tentu saja ukuran file dari pupplet berbeda dari puppy standar yang dibawah 100 MB. salah satu pupplet yang menarik adalah X-PUP yang mirip dengan MAC-OS yang terkenal dengan ekslusif dan menawan itu..

x-pup_screenshotpreview

nah, jika bosan dengan sistem operasi yang ada, silahkan mencicipi PUPPY LINUX…

download di situs resminya :

http://www.puppylinux.org/

atau untuk puppletnya :

http://www.puppylinux.org/downloads/puplets

perlu diketahui hasil download puppy adalah berupa file iso… untuk itu kita memerlukan aplikasi pendukung untuk membuat CD boot instalasi seperti NERO, atau jika ingin di flashdisk kita bisa menggunakan  Unetbootin.

NB : artikel cara instalasi puppy/pupplet akan menyusul.

Comments»

1. ANTO SURYANTO - 1 August 2012

gan ane mau tanya .. ane kan mau nginstal linux lewat booting flashdisk, ane pake software universal usb yang buat nginstal bootingnya di fd. tapi pas nginstal di tengah2 ada root automatic login. gmana cara ngatasinnya ya?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: