jump to navigation

The Power Of Netbook Lenovo S10-2 30 July 2010

Posted by dani mahardika in komputer, umum.
trackback

Berawal dari ketertarikan akan Notebook yang kecil, ringan, dan irit baterai. saya akhirnya memutuskan untuk membeli sebuah netbook yaitu Lenovo S10-2. harga yang kompetitif dan braded merek adalah hal utama yang mendasari saya membeli netbook ini. dengan spesifikasi kebanyakan netbook pada umumnya seperti Intel atom yg diklaim irit baterai, Ram 1Gb, video memory upto 128Mb, wifi, webcam, bluetooth, cardreader, Lan port, Vga port, serta display LED yang mini yaitu 10 inch.

alasan lainnya kenapa saya memilih brand lenovo adalah karena pengalaman para profesional seperti kakak dan saudara saya yang juga memakai lenovo karena pilihan para IT consultant di kantornya masing-masing, lenovo adalah merek yang cukup terkenal bagi perusahaan-perusahaan terrnama yang bergerak dibidang bisnis. hal ini yang konon katanya disebabkan oleh Brand IBM yang kawin sama Lenovo. jadi boleh dikatakan Lenovo=ibm, terutama untuk tipe Thinkpad, walaupun katanya ibm dan lenovo sudah berdiri masing-masing. alasan berikutnya yang membuat saya jatuh cinta pada netbook ini adalah fitur yang unik dan jarang ditemukan pada netbook lain, misalnya veriface/login wajah, sistem operasi independen yang hanya butuh kurang dari 8 detik untuk login dan di klaim membuat daya tahan baterai hingga 8 jam.

salah satu pengalaman yang terjadi pada netbook saya ini adalah jatuh!!! ya akibat human error yaitu teman yang bercanda dan saya kurang menggenggam netbook pada saat berjalan maka alhasil netbook pun jatuh dari ketinggian kurang lebih 1 meter ke lantai keras/keramik, dan parahnya lagi laptop dalam keadaan hidup, karena niat saya hanya mau pindah lokasi wifi di kampus. saya dan teman-teman lain hanya bisa bengong menyaksikan, dan banyak yang kaget karena suaranya cukup keras. namun anehnya, ternyata laptop masih hidup!!! ya hidup/tidak restart karena waktu jatuh juga dalam kondisi hidup dan aplikasi2 lain berjalan. namun sialnya sudut laptop yang jatuh pertama kali menjadi sedikit retak seperti sudut kiri atas frame lcd dan sudut kiri bawah keyboard. tapi untungnya tidak ada luka dalam/hardware yang rusak, mungkin jika laptop biasa sudah retak LCD/hardware pecah.

Pengalaman lainnya dengan Netbook ini adalah ketika saya mengambil judul skripsi yang bertema pembuatan Simulasi/Game full 3D. saya ragu apa iya sebuah Netbook dengan spesifikasi yang pas-pasan dan sama sekali tidak ditujukan untuk Grafis 3D ini mampu dijejali software-software 3D terbaru. keraguan ini akhirnya terbantahkan ketika saya berhasil menginstal Software 3D /Grafik terbaru!!! seperti 3DS MAX 2010, Adobe Flash CS4, Adobe Photoshop CS4, Milkshape 3D, Openspace 3D, Ogre 3D serta game 3d seperti Counter Strike, MotoGP, GTA VC, DeltaForce Blackhawak down dll. dan anehnya semua berjalan normal dan sukses!!! ya walau tentu saja performa dibawah komputer dengan Ati/Nvidia, tapi bisa dimaklumi mengingat dengan spesifikasi Chipset Intel GMA yang memory video hanya 64MB namun mampu menjalankan software-software 3D dengan Lancar, dan tidak terlalu berat/patah-patah gambarnya.

kekurangan dari Netbook ini menurut saya adalah pada bagian Casing yang tidak bagus, dalam hal ini bukan masalah kekuatan casing.. namun bahan yang cepat gores dan kotor. selain itu charger yang kabelnya menurut saya cepat rusak. namun saya cukup puas dengan kinerja dari netbook ini.

Comments»

1. oonk - 31 July 2010

Nice share…:mrgreen:

2. ipunk - 31 July 2010

ya, bagus juga Lenovo.. gw pemakai ideapad juga.

3. gustaf - 31 July 2010

iya emang netbook lenovo lebih baik dari yang lain, dan sekarang udah ada yang s10-3 .. ada versi touchscreen juga.


Leave a Reply

