jump to navigation

Software Engineer, My Second Job. 21 November 2010

Posted by dani mahardika in Uncategorized.
trackback

 

 

setelah lulus kuliah, mulailah gw cari-cari informasi mengenai lowongan, maklum fresh graduate… suatu hari temen ngajak gabung kerja di sebuah perusahaan development yang baru berdiri di Indonesia, dan perusahaan ini adalah anak perusahaan luar negeri tepatnya india dan amerika.. perusahaan yang sudah memiliki nama besar di klien internasional ini mendevelop software-software berskala besar untuk aplikasi mobile seperti blackberry, iphone, android dan lain-lain. berhubung salah satu petinggi dari perusahaan asing ini adalah orang Indonesia, maka beliau mendirikan anak perusahaan di Jakarta untuk melihat kemampuan anak bangsa di bidang IT…

 

setelah kirim CV by e-mail.. gak berapa lama akhirnya dapet panggilan buat interview, dan lolos tahap interview kedua yang akhirnya lolos juga dan gw diterima sebagai Software Engineer.. nah yang jadi inti dari tuisan ini adalah apa sih kerjaan seorang Software Engineer???? setelah beberapa  minggu bekerja, yang gw lakukan adalah Programing…  ya memang kalo dilihat sepintas kerjaan Software Engineer mirip dengan seorang programer yang tak lain tak bukan harus berhadapan dengan kode-kode bahasa pemrograman… sebenernya gw masih belum tau juga apa sih perbedaan antara Software Engineer dan Programer biasa… tapi menurut gw perbedaan yang paling signifikan adalah Kapasitas Software yang dihasilkan.. biasanya seorang programer akan membuat sebuah software dari NOL hingga akhir dan biasanya skala dan kapasitas software yang digunakan hanyalah kecil dan hanya melibatkan sedikit programer… lalu apa yg dilakukan Software Engineer??? menurut gw software engineer adalah seorang pengembang aplikasi, dimana seorang software engineer tidak bekerja dari nol, seorang software engineer memiliki kemampuan programing layaknya programer namun tugas seorang software engineer hanyalah mengembangkan bagian-bagian tertentu dari suatu software… mungkin terbesit pertanyaan, apa gunanya software engineer jika sudah ada programer????  jawabannya mudah saja, Efektifitas… bahasa kasarnya, bekerja sama lebih efisien dari pada bekerja sendiri… Software engineer biasanya dipekerjakan untuk sebuah aplikasi-aplikasi berskala besar, dimana kerja sama antar team sangatlah dibutuhkan…

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: